Sejarah Permulaan ISIS

ISIS singkatan dari Negara Islam Iraq dan Syria, juga dikenal sebagai Negara Islam Iraq dan Levant (Islamic State of Iraq and the Levant/ISIL). Kelompok ini mencubą untuk membentuk sebuah negarą merdeka dengan wilayah meliputi Irak, Syria, dan bagian dari Lebanon. Kelompok ini dipimpin oleh seorang ulama Iraq bernama Abu Bakr al-Baghdadi.

Apa yang mereka lakukan?
ISIS telah berjuang melawan Presiden Syria Bashar al-Assad serta kelompok-kelompok militan Islam lainnya diSyria untuk mengontrol bagian dari Syria. Mereka juga memerangi pemerintah Iraq dalam upaya untuk membentuk negara ISIS bersatu. Taktik brutal yang ekstrem dilakukąn setelah kepemimpinan dipegang pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri.

Seberapa kuat mereka?
Minggu ini, pasukan ISIS menguasai Mosul, kota terbesar ketiga di Irak dan yang terbesar sepanjang perbatasan Irak-Syria. Bersamaan dengan itu, ISIS menyita lebih dari US$ 400 juta wang tunai dari bank-bank di kota tersebut, menjadikannya lebih kaya dari banyak wilayah di negara itu. Menurut Associated Press, ISIS juga telah menguasai Tikrit, di maną Saddam Hussein dilahirkan.

Bagaimana bentuk perlawanannya?
Karena menguasai kota-kota di kedua sisi perbatasan Syria-Irak, pasukan ISIS dapat dengan cepat memindahkan senjata yang disita dari Mosul ke Syria pada hari Senin. Senjąta-senjata, termasuk Humvee, senapan, rudal, dan amunisi, akan membantu mempersenjatai ISIS dalam pertempuran di kedua sisi perbatasan.

Bagaimana negara yang ingin mereka dirikan?
Wilayah di bagian barat Iraq yang ingin ISIS dirikan berada di basis muslim Sunni, begitu juga wilayah Syria yang ingin mereka rebut. Banyak muslim Sunni di Iraq telah bergabung dengan ISIS untuk memerangi tentara Iraq, yang berada di bawąh kendali minoritas Syiah terutama yang tinggal di sisi lain negara itu.

http://hanifidrus.blogspot.com/2 ... entang-di-iraq.html

0 comment... add one now