Punca Dato Bandar New York Angkat Sumpah Dalam Bahasa Indonesia

Begitu dekatnya hubungannya dengan Indonesia, Datuk Bandar sampai meminta agar pembacaan ikrar setia (pledge of allegiance) juga dalam bahasa Indonesia, selain dalam bahasa Inggeris dan Perancis," ujar Benny seperti dikutip Antara, Sabtu (9/1/2016).
NEW YORK - Ada yang unik dalam acara pengambilan sumpah jawatan Datuk Bandar Somersworth, New Hamshire, Dana S Hilliard, di City Hall Somersworth, New York, Amerika Syrikat, Khamis (7/1/2016). Untuk pertama kalinya, pembacaan ikrar setia Datuk Bandar itu dilakukan dalam bahasa Indonesia.

Konsul Pensosbud KJRI New York Benny YP Siahaan bertindak mewakili KJRI New York sebagai tetamu undangan khusus di acara itu. KepadaAntara London, Benny mengatakan bahawa Indonesia merupakan satu-satunya perwakilan negara asing yang hadir pada acara tersebut.

Pembacaan janji setia berbahasa Indonesia itu dilakukan oleh seorang pelajar kelas menengah Somersworth.
Pelantikan ini merupakan penggal kedua bagi Hilliard. Ia dikenal sebagai peribadi supel, terbuka, serta mendukung toleransi dan keragaman budaya di kota tersebut.
Hilliard mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Somersworth atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin kembali kota itu dan berharap dapat menjadi kota tersebut lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, KJRI New York memberikan cendera mata berupa kemeja batik sebagai ucapan selamat atas pelantikan Hilliard. Benny menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Hilliard atas perhatian dan dukungannya kepada masyarakat Indonesia di Somersworth yang berjumlah sekitar 500 orang.

Hilliard pun berterima kasih atas pemberian batik itu. Ia berjanji akan memakai batik yang diberikan pada acara pesta masyarakat pada Februari 2016.
Dalam tiga tahun terakhir kerja sama antara pemerintah Kota Somersworth, KJRI New York, dan komuniti Indonesia sangat erat dalam memajukan dan memperkenalkan Indonesia di kota tersebut.

Kerja sama itu antara lain mencakup pengenalan bahasa Indonesia, seni dan budaya melalui pagelaran seni yang diselenggarakan komuniti Indonesia bekerja sama dengan KJRI New York dan didukung Pemkot Somersworth.

Editor : Laksono Hari Wiwoho
Sumber : Antara/KOMPAS.com

0 comment... add one now